Jumat, 18 Februari 2011

Huawei U9130 Compass Vs Nokia C3





Mungkin boleh dibilang pasar ponsel di Indonesia sedang mengalami fenomena yang disebut “mabuk qwerty”. Segala lapisan konsumen ‘terbius’ dengan fenomena ponsel berdesain qwerty yang ditawarkan lengkap dari rentang harga high end hingga low end. Nah, berbicara ponsel qwerty di segmen middle dan low end, identitas vendor merek lokal tentu sudah begitu melekat. Tapi kondisi ini tak menjadikan vendor global berdiam diri. Ini dibuktikan seperti merek Samsung dan LG yang turut masuk ke pasar ponsel qwerty berharga murah.






Kompetisi pun kian semarak dengan masuknya nama besar lain, seperti Huawei dan Nokia. Huawei lebih dulu menawarkan seri U9130 dan Nokia baru-baru ini meluncurkan seri C3. Kedua ponsel ini punya ciri khas fitur yang relatif serupa. Kedua ponsel kini ditawarkan dengan harga bandrol dibawah Rp 1 juta, meski awalnya U9130 sempat dibandrol dengan harga Rp 1,4 juta. Tentu menarik untuk membandingkan dua produk global asal Eropa dan Cina ini, siapa yang lebih unggul? Silahkan simak kupasan artikel ini.

Desain
Kedua ponsel mempunyai form factor yang relatif serupa. U9130 dilengkapi dengan instrumen berupa tombol volume di sisi kiri dan tombol shutter di sisi kanan, hal ini membuat pengoperasian menu Huawei U9130 cukup mudah. Apalagi terdapat one click untuk masuk ke menu Facebook. Sebaliknya Nokia C3 tidak dilkengkapi tombol shortcut di sekeliling body ponsel. Hanya saja C3 dilengkapi slot hotswap Micro SD dan headset jack 3,5 mm, dua elemen yang tidak terdapat di U9130. Nokia C3 memiliki dimensi dan bobot lebih ringan, yakni 115,5 x 58,1 x 13,6 mm dengan berat 113 gram. Sedang Huawei U9130 punya dimensi 115 x 62 x 14 mm dan berat 123 gram.

Winner : Nokia C3

Messaging
Sesuai dengan rancangannya, dua ponsel qwerty ini ”dipersenjatai” fitur chatting yang cukup memadai. Nokia C3 menyediakan aplikasi Ovi Chatt, Yahoo Messenger, Google Talk, dan Windows Live Messenger. Keempatnya dapat diaktifkan secara bersamaan. Sedangkan U9130 dengan dukungan aplikasi Nimbuzz juga dapat mengadopsi beragam akun chatt seperti MSN, Yahoo Messenger, Google Talk, dan AIM. Pada teks editor mampu memuat beberapa bentuk pesan multimedia. Selain mampu dititipkan lampiran, message di ponsel mampu dipindah ke modus pesan bergambar dengan menekan switch to picture message.

Winner : Nokia C3

Push Email
Huawei U9130 mengusung teknologi push email dari Seven Push Mail (AOM7). Aplikasi ini dibangun menggunakan environment Java, jadi bila aplikasi ini aktif maka GPRS akan terus menerus menyala untuk menjembatani pengiriman email-email baru. Pengaturan push mail terbilang mudah dan tidak rumit, setiap email dapat mengirimkan attachment dengan baik. Nokia C3 pun dilengkapi push mail dengan paengaturan mudah lewat username dan password. Beberapa akun email yang dapat di support seperti Ovi Mail, Yahoo, Gmail, dan CBN.

Winner : Nokia C3

Kamera
Baik Huawei U9130 dan Nokia C3 mengusung resolusi kamara 2 Mpix dengan teknologi CMOS tanpa kelengkapan flash light. Tapi ada yang menark dari U9130, nyatanya kamera U9130 mempunyai resolusi 2048 x 1536 pixels, padahal standar kemara 2 Mpix adalah 1600 x 1200 pixels. Artinya U9130 mempunyai standar resolusi untuk kapasitas 3,2 Mpix. Saat dipindahkan ke komputer pun, pixels gambar tidak mengalami perubahan. Resolusi terbukti bukan merupakan sebuah tipuan pixels atau interpolasi.

Winner : Huawei U9130

Pemutar Musik
Meski bukan tergolong kelas ponsel hiburan, namun untuk pemutar musik di U9130 dan C3 terbilang memadai untuk kelasnya. Tidak terdapat suara boombastis stereo di U9130, tapi untuk urusan komposisi elemen suara (bass dan treble) lumayan memadai. Terdapat enam pilihan equalizer dengan tampilan antar muka yang menarik. Nokia C3 pun tak kalah canggih, terutama pada kualitas speaker yang cukup nyaring. Ditambah C3 dibekali equalizer dan stereo widening. Pemutar musik pada kedua ponsel ini dapat berjalan secara multi tasking.

Winner : Nokia C3

Akses Internet
Walau disasar untuk pangsa pasar yang sama, untuk akses internet Huawei U9130 jauh lebih unggul, ponsel ini sudah dibekali akses GPRS/EDGE kelas 10 serta 3G/HSDPA dengan speed download maksimum 3,6 Mbps. Dengan kemampuan akses ini, U9130 sangat ideal sebagai modem dan fungsi mobile browsing. Sebaliknya pada Nokia C3 hanya bersandar pada koneksi GPRS/EDGE kelas 32. Meski begitu, koneksi internet di C3 dilengkapi pilihan akses WiFi. b/g.

Winner : Nokia C3

Memori
Untuk urusan memori internal, Huawei U9130 dilengkapi kapasitas memori 176 Mb. Sedangkan Nokia C3 memori internalnya berkapasitas 55 Mb. Kedua ponsel pun masih dilengkapi kemampuan untuk mennggunakan kapasitas tambahan lewat kartu Micro SD. Huawei U9130 dapat mengusung Micro SD hingga kapasitas 16 Gb, sedangkan Nokia C3 hanya mampu meng handle kapasitas Micro SD hingga 8 Gb.

Winner : Huawei U9130


Kesimpulan
Dalam perbandingan secara umum, nampak Nokia C3 punya spesifikasi yang lebih unggul, terutama bisa dilihat pada elemen push email, pemutar musik, dan akses internet, Meski demikian, Huawei U9130 tampak juga unggul, terutama dalam hal kemampuan memori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar